Apa itu kayu merbau? yuk kita cari tahu

Hutan di negara kita Indonesia ini merupakan hutan yang menduduki urutan ketiga terluas di dunia dengan hutan tropis dan sumbangan sebagai paru-paru dunia.

Pulau yang menjadi termasuknya indonesia sebagai paru-paru dunia ini yaitu kepulauan kalimantan dan papua. Hutan yang dimiliki kedua wilayah tersebut sangatlah luas dan memiliki sumber daya alam yang cukup tinggi.

Tahukah Anda, bahwasannya terdapat sebuah tumbuhan yang tumbuh di daerah kalimantan dan papua yang cukup eksotis dan memiliki beragam manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari terutama bagi kehidupan alam sekitar. Tumbuhan tersebut yaitu:

Pohon Merbau

pohon merbau

Kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari wilayah kepulauan papua, memiliki kualitas yang cukup tinggi menjadikan kayu merbau primadona dan banyak peminatnya.

Jenis pohon ini tidak hanya berasal dari Irian jaya saja atau papua melainkan terdapat juga di beberapa wilayah di Indonesia seperti, daerah Maluku, Kalimantan, Sulawesi.

Memiliki warna merah coklat kegelapan atau warna coklat abu gelap dengan dibekali serat yang lurus, Pohon merbau ini tumbuh subur di hutan Papua dengan ketinggian 50 meter dengan diameter 2 meter.

Tekstur yang keras dan stabilitas yang tinggi menjadikan kayu ini mendapat gelar dari sebagian besar orang terutama oleh penduduk sekitar Irian jaya dengan julukan “kayu besi”.

Secara kualitas kayu merbau telah di akui dunia terutama Eropa dan Australia, Popularitasnya hampir sama dengan kayu jenis Oak.

Karakteristik kayu merbau

Dari segi tekstur, kayu merbau ini cenderung kasar dengan serat yang berbentuk lurus, terdapat juga tekstur kayu merbau yang tidak beraturan karena sesuai jenis kayunya yang beragam.

Dari tingkat kekerasannya, pohon merbau ini memiliki tingkat keras yang cukup tinggi.

Memiliki tingkat kualitas yang cukup baik, Tekstur keras dan keawetan dengan level kelas I hingga level II.

untuk warnanya, kayu merbau ini memiliki warna cokelat kemerahan terkadang disertai highlight warna kuning dan agak kehitaman.

Tingkat penyusutan yang rendah membuat jenis kayu ini tahan terhadap perubahan suhu atau cuaca, anti rayap dan jamur sehingga membuat kayu merbau ini menjadi lebih awet dan tahan lama dalam pemakaiannya.

Walaupun memiliki tingkat kualitas yang tinggi, akan tetapi kayu merbau pun memiliki segi kekurangan dan kelebihannya. Berikut inilah dia ulasannya:

Kelebihan kayu merbau

Jenis kayu merbau ini memiliki warna yang cukup unik dibandingkan dengan jenis kayu lain yaitu memiliki warna merah kekuningan dengan serat yang lurus mirip dengan kayu kelapa sehingga dapat memberikan efek elegan dan mewah pada interior rumah.

Tidak hanya itu, kayu merbau juga sudah melewati beberapa pengujian bahwa tidak akan mudah menyusut walaupun sudah memakainya dengan jangka waktu yang lama.

  • Menjadi salah satu termasuk kayu kuat yang sejajar dengan kayu jati.
  • Tahan terhadap serangan serangga dan rayap.
  • Memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan stabil.
  • Dapat mengeluarkan ION negatif, yang dimana hal tersebut sangat baik bagi kesehatan.

Kekurangan kayu merbau

Kayu merbau ini memiliki pori-pori yang cukup besar dibandingkan dengan jenis kayu lain seperti kayu jati, ulin, sungkai dan lainnya. Sehingga ketika melakukan proses tahap finishing lantai merbau membutuhkan bahan finishing yang lebih banyak.

  • Akan mengeluarkan getah jika terkena air secara terus menerus.
  • Proses pengerjaan yang terbilang cukup sulit karena sifat kayu yang dimiliki kayu merbau keras.
  • Biaya produksi lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kayu lain.
  • Harganya yang tergolong cukup tinggi.

Terdapat juga hal menarik lainnya yang dimiliki kayu merbau ini, yaitu memiliki manfaat yang cukup signifikan baik untuk keperluan manusia maupun alam sekitar. Berikut inilah dia simak ulasan berikut:

Manfaat kayu merbau

Awal mula pemanfaatan kayu merbau ini hanya dijadikan bahan untuk membuat rumah, akan tetapi seiring berjalannya waktu telah berkembangnya produk yang dihasilkan dari kayu merbau ini.

Bermanfaat sebagai bahan baku kontruksi

Berkat kualitas dan keunggulan yang dimiliki kayu merbau menjadikan kayu ini sangat primadona dan menjadikan pilihan yang tepat sebagai bahan baku kontruksi berat seperti, membuat dermaga, bahan bangunan, lantai kayu, dinding, tiang dan digunakan sebagai bahan baku kontruksi berat lainnya.

Baca juga: Jual lantai kayu merbau

Bermanfaat sebagai bahan baku furniture

Tidak lengkap rasanya jika kayu merbau hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi, tetapi pemanfaatan kayu merbau juga bisa dijadikan sebagai bahan baku furniture seperti meja, kursi, kusen, jendela dan perabotan lainnya.

Bermanfaat sebagai obat tradisional

Selain bermanfaat bagi bahan baku kontruksi dan industri, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman pohon merbau ini bisa dimanfaatkan sebagai obat berkat hasil pengujian yang dibantu dengan teknologi canggih.

Bahan obat ini dihasilkan dari minyak pepagan dan daun yang dimiliki kayu merbau yang diolah dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan buah pinang tua. Selain itu, biji pohon kayu merbau bisa dimanfaatkan dan olah menjadi obat tradisional.

Status langka

Kayu merbau ini sebenarnya tergolong menjadi beberapa anggota yang berjumlah 8 spesies yang menyebar dari Afrika timur hingga ke negara Australia. Kayu merbau yang berasal dari negara Malaysia, Indonesia dan Papua nugini merupakan jenis kayu yang memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan jenis kayu merbau yang berasal dari negara lain.

Kayu merbau ini diekspor ke berbagai negara belahan di dunia, sementara di Indonesia sendiri penyebaran atau permintaan konsumen semakin meningkat dari berbagai daerah. Bahkan setiap tahunnya, permintaan untuk kayu merbau ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Baik segitu saja pembahasan kita kali ini tentang kayu merbau, semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terimakasih

Kunjungi website kami untuk melihat-lihat produk lantai kayu merbau berkualitas

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Apa itu kayu merbau? yuk kita cari tahu

Komentar ditutup.