Inilah 6 Jenis Lantai Pengganti keramik, Murah & Mudah Dipasangkan

Kita sebagai pemilik rumah tentunya menginginkan yang terbaik guna menunjang keindahan dan kenyaman di dalam sebuah hunian, baik itu dari segi interior maupun eksterior.

Terutama pada material lantai yang akan kita gunakan, pastinya itu bukan perkara yang cukup mudah. Pasalnya kita dituntut untuk menentukan jenis penutup lantai yang dapat membawa hunian jauh lebih baik dari segi kenyamanan dan keindahan.

Jika berbicara soal lantai, saat ini penggunaan material lantai yang sering di pergunakan di dalam hunian khususnya di negara Indonesia tercinta ini yaitu lantai keramik.

Siapa sih yang tidak mengenali jenis lantai tersebut, bahkan orang awam sekalipun tentunya mengetahui apa itu lantai keramik, seperti apa bentuk keramik dan lain sebagainya.

Selain Lantai Keramik, Terdapat 6 Jenis Lantai Pilihan Terbaik

Solusi mempercantik rumah tanpa lantai keramik

Akan tetapi, terdapat beberapa jenis material lantai yang dapat menggantikan lantai keramik yang sudah terlihat monoton dan membosankan. Setidaknya terdapat 6 jenis lantai pilihan alternatif selain keramik diantaranya:

  • Lantai marmer
  • Lantai batu alam
  • Lantai vinyl motif kayu
  • Lantai laminasi
  • Lantai kayu
  • Karpet lantai

Keenam jenis material lantai di atas sangat cocok sebagai pengganti lantai keramik di karenakan memiliki kualitas dan karakteristik yang jauh lebih baik dan tentunya sangat nyaman ketika di gunakan.

Lantai marmer

Lantai marmer merupakan pelapis lantai indoor hunian yang terbuat dari batuan kristalin yang teksturnya lumayan agak kasar yang berasal dari dolomit atau batu kapur, corak dari marmer itu sendiri tidak bisa menyesuaikan dengan yang lainnya karena secara lami laur yang di milikinya berbeda-beda.

alternatif pilihan terbaik selain lantai keramik yaitu marmer

Salah satu penutup lantai yang memiliki kesan mewah dan terlihat indah yakni lantai marmer, akan sangat serasi atau cocok bila di terapkan ke dalam hunian megah. Itulah kenapa lantai marmer termasuk ke dalam jajaran alternatif lantai selain keramik.

Lantai batu alam

Tahukah kalian, bahwasanya bahan material batu alam merupakan bahan yang sering di pergunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan proyek bangunan dan dekorasi hunian, contohnya seperti di jadikan sebagai pelapis dinding dan penutup lantai.

lantai batu alam merupakan alternatif pengganti keramik

Lantai batu alam, dari namanya saja kita sudah bisa berasumsi bahwa lantai tersebut tentunya akan kuat dan dapat bertahan lama. Terlebih lagi dari segi tampilan, yang dimana lantai batu alam setelah terpasang pada suatu ruangan akan terlihat elegan.

Baca Juga : 5 jenis lantai terbaik untuk hunian minimalis

Lantai vinyl motif kayu

Selain kedua jenis lantai di atas yang terbilang mempunyai sifat agak keras, nah kali ini terdapat salah satu jenis lantai yang memiliki sifat yang cukup empuk dan berkesan hangat yakni lantai vinyl atau lantai sintetis.

lantai vinyl alternatif pilihan lantai indoor

Lantai vinyl merupakan salah satu produk penutup lantai yang terbuat dari bahan semacam kimia bernama PVC ( Poli Vinyl Chloride ) bahan tersebut sejenis plastik, lantai pvc ini memiliki beragam motif pilihan yang melapisi bagian permukaannya.

Yang menjadikan lantai vinyl ini sangat cocok sebagai alternatif pilihan terbaik selain keramik yakni karena mudah di pasangkan tinggal tempel dan memiliki harga jual yang terbilang cukup murah.

Baca juga : Lantai tempel

Lantai laminasi

Selain lantai vinyl yang memiliki kelebihan dalam hal kemudahan pemasangan, terdapat juga slaah satu penutup lantai yang memiliki kelebihan serupa yakni lantai laminasi atau lebih di kenal dengan sebutan lantai kayu laminate.

lantai laminasi sebagai pengganti lantai keramik yang murah

Lantai laminasi ini merupakan pelapis lantai yang terbuat dari serbuk kayu yang di campur dengan resin, yang lalu di padatkan atau di oleh lebih lanjut menggunakan mesin berteknologi tinggi bernama high density fiberboard (HDF) dan di bentuk sedemikian rupa hingga berbentuk papan lembaran.

Selain sebagai alternatif pengganti keramik, lantai laminasi ini juga alternatif pilihan yang cukup bagus bila dibanding memilih lantai vinyl.

Lantai kayu solid

Lantai kayu solid atau lantai parket ini merupakan produk pelapis lantai yang terbuat dari kayu yang utuh, yang dimana proses pembuatannya tanpa menggunakan bahan campuran lain. Hal ini membuat lantai kayu solid lebih awet penggunannya dan memiliki karakteristiknya tersendiri sebab terbuat dari kayu alam.

lantai parket solid merupakan alternatif pilihan selain keramik

Bila di bandingkan dengan lantai laminasi dan lantai vinyl dari segi tampilan, sudah jelas bahwa lantai kayu solid lah yang lebih unggul dalam hal ini lantaran warna dan serat kayu yang dihasilkan benar-benar alami dan sangat khas.

Baca juga : Manfaat menggunakan lantai kayu

Lantai karpet

Karpet merupakan pelapis lantai yang hampir sering di pergunakan di dalam rumah, akan tetapi penggunaanya dalam skala yang kecil pada ruangan-ruangan tertentu seperti kamar tidur, ruang menonton televisi, dan terkadang suka di pakai di ruang tamu.

cara memperindah rumah tanpa keramik

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita menggunakan karpet lantai ini untuk menutupi sebagian besar lantai pada suatu ruangan di dalam rumah. Kesan hangat dan nyaman pada saat di gunakan membuat lantai karpet ini sangat cocok sebagai alternatif selain lantai keramik.

Memilih berbagai jenis lantai untuk menggantikan lantai keramik yang udah terlihat membosankan, berkesan dingin dan terasa keras ketika di pijak kita harus menentukannya dengan teliti serta berhati-hati. segi kenyamanan dan keindahan harus kita pertimbangkan dengan sebaik mungkin dan yang tidak kalah penting pastikan jenis lantai yang kita pilih itu sesuai dengan budget yang kita miliki.

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini, semoga uraian di atas dapat membantu kalian yang sedang mencari jenis lantai pengganti lantai keramik. Cukup sekian dan terima kasih

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Inilah 6 Jenis Lantai Pengganti keramik, Murah & Mudah Dipasangkan

Komentar ditutup.