6 Manfaat Menggunakan Lantai Kayu Di Dalam Rumah

Lantai kayu merupakan sebuh produk yang dimana berfungsi untuk penutup lantai ruangan terbuka maupun tertutup secara struktural dan estetika.

Jenis kayu yang di buat untuk lantai kayu ini merupakan jenis kayu yang tergolong ke dalam jenis kayu keras seperti kayu jati, merbau, ulin dan lain sebagainya.

Selain berfungsi sebagai bahan penutup lantai, akan tetapi lantai kayu lebih ke pada kesan estetika pada suatu ruangan dengan sentuhan alami.

material lantai kayu solid motif chevron

Sangat cocok di aplikasikan pada rumah dengan desain yang sudah di tentukan seperti desain rumah minimalis. Desain rumah mewah dan lain sebagainya.

Ada 3 jenis lantai kayu yang di jual di pasaran secara bebas, dari yang kualitasnya cukup tinggi hingga kualitas tingkat menengah.

Jenis lantai kayu tersebut yaitu:

  1. Lantai kayu solid
  2. Lantai kayu laminated
  3. Lantai vinyl motif kayu
KLIK UNTUK MENGETAHUI TENTANG KETIGA JENIS LANTAI DI ATAS

Jenis-jenis Lantai Kayu

Terdapat 3 jenis pelapis lantai yang saat ini penggunaannya kian meningkat dari tahun ke tahun dan dari ketiga penutup lantai tersebut memiliki kelebihan dan keurangannya masing-masing, dari segi kualitas pun berbeda-beda.

  • Lantai Kayu Solid

Lantai kayu solid atau sebagian besar orang menyebutnya dengan solid parket ini merupakan sebuah produk penutup lantai, yang dimana jenis lantai ini terbuat dari kayu utuh dan tanpa bahan-bahan campuran lain di dalamnya melainkan murni alami terbuat dari kayu alam yang metode pengolahannya di potong-potong hingga menyerupai balok.

Jenis kayu yang digunakan pun tidak sembarangan, setidaknya harus memiliki kriteria tertentu dan pastinya harus mempunyai segi kualitas yang bagus dari segi kekerasan,ketahanan dan keawetannya. Hal ini bertujuan agar nantinya lantai kayu tersebut dapat bertahan lama, tidak cepat rusak, pelapukan dan lain sebagainya.

Biasannya harga dari lantai kayu solid ini cenderung mahal sebab terbuat dari dari kayu utuh dan kayu yang di pakai merupakan jenis kayu yang termasuk ke dalam golongan kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau, kayu sonokeling dan berbagai jenis kayu keras lainnya. Maka tak heran, jika harga lantai kayu solid relatif cukup tinggi.

  • Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu laminate atau yang lebih di kenal dengan sebutan lantai laminasi ini merupakan jenis pelapis lantai yang hampir serupa dengan lantai kayu solid. Hanya saja keduanya berbeda dari segi bahan pembuatan, yang dimana lantai kayu solid terbuat dari kayu utuh sedangkan lantai kayu laminated terbuat dari serbuk kayu yang di campur menggunakan bahan resin.

Yang kemudian di olah menggunakan mesin berteknologi canggih bernama HDF (High Density Fiberboard) setelah di proses lebih lanjut, di bentuk sedemikian rupa hingga berbentuk papan lembaran.

Harga lantai kayu laminasi ini tergolong cukup murah bila di bandingkan dengan lantai kayu solid, jenis lantai kayu yang satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai alternatif pilihan selain lantai keramik karena memiliki kelebihan yang mudah di terapkan atau tinggal di tempel dan mempunyai harga yang terjangkau.

  • Lantai Vinyl Motif Kayu

Lantai vinyl atau lantai sintetis merupakan sebuah produk penutup lantai yang dimana jenis lantai ini sangat berbeda dari kedua jenis pelapis lantai di atas. Lantai vinyl terbuat dari bahan semacam kimia sejenis plastik bernama PVC (Poli Vinyl Chloride), cara pembuatan lantai PVC ini bisa dikatakan hampir serupa dengan cara pembuatan lantai kayu laminate karena sama-sama menggunakan mesin berteknologi modern.

Lantai vinyl bukan termasuk ke dalam jenis lantai kayu, lantai sintetis ini hanyalah tiruan karena bisa menirukan berbagai jenis lantai yang ada seperti lantai keramik, granit, batu alam hingga kayu. Memang salah satu keunikan dari lantai vinyl yaitu memiliki beragam motif pilihan sehingga kita bisa memilih sesuia dengan selera.

Salah satu kelebihan dari lantai vinyl ini yang menjadikan cukup populer dan banyak diminati yaitu mudah di pasangkan, tahan terhadap endapan air, mudah di rawat dan harga jual lantai vinyl ini cukup murah sehingga dapat di jangkau oleh berbagai kalangan.

Harga yang di bandrol pun dari setiap jenis lantai kayu berbeda-beda tergantung kualitas, jenis dan kegunaannya atau penempatannya untuk di ruangan mana.

Kelebihan Dan Keuntungan Memakai Lantai Parket Di Dalam Hunian

Lantai kayu atau parket lantai ini selain berfungsi menutupi sebagian besar lantai dasar di dalam rumah yang kita huni, akan tetapi terdapat beberapa manfaat atau keuntungan yang akan kita dapat. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini:

Merubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan mewah

Memang tidak bisa di bantah lagi soal ini, pasalnya lantai kayu yang sudah terpasang di dalam sebuah hunian maka rumah tersebut akan tampil jauh lebih berbeda dari sebelumnya dan akan menciptakan tampilan visual yang memanjakan mata.

lantai kayu dapat mengubah tampilan rumah

Jika kalian sebelumnya memakain lantai granit atau keramik, cobalah memakai lantai kayu dan lihat perbandingan antara tampilan sesudah memakai dan sebelum memakai lantai kayu.

Memberikan kesan hangat pada ruangan

Tidak kebanyakan jenis lantai bisa memberikan kesan yang hangat pada suatu ruangan, selain lantai kayu. Pada waktu siang hari, lantai kayu dapat menyerap suhu panas dengan skala tertentu dan akan mengeluarkannya ketika pada malam hari tiba.

lantai parket berkesan hangat dan sejuk

Sehingga ruangan yang terpasang lantai kayu ketika siang hari akan terasa sejuk, sedangkan bila waktu malam hari akan menciptakan suasana yang hangat meskipun di luar sana sedang turun hujan dan udara dingin.

Kesan hangat yang di hadirkan di dalam lantai kayu ini dapat meminimalisir terjadinya resiko penyakit kaki seperti rematik.

Baca juga: Memilih lantai kayu yang berkualitas tidaklah sulit, begini caranya

Sifatnya empuk dan nyaman ketika digunakan

Meskipun pada dasarnya lantai kayu ini terbuat dari jenis kayu yang keras, akan tetapi bila sudah di olah menjadi lantai kayu dan sudah di terapkan maka sifatnya akan terasa empuk, terlebih lagi ketika kita pijak tidak terasa keras seperti keramik.

lantai kayu berkesan hangat

Tahukah kalian, bahwa sifat empuk yang di ciptakan dari lantai kayu ini dapat mengurangi resiko cedera fatal bila mengalami kecelakaan seperti terjatuh ke bawah lantai.

Maka tak heran, jika lantai kayu sering digunakan di sarana olahraga seperti arena lapangan basket, volley, badminton karena dapat meminimalisir terjadinya resiko luka serius atau cedera parah terhadap atlet.

Mudah di rawat

Alasan mengapa lantai kayu selalu tampak bersih dan kinclong karena dari segi perawatannya bisa di katakan tidak terlalu sulit. Terdapat kesamaan merawat lantai kayu dengan jenis lantai pada umumnya.

cara membersihkan lantai kayu dari debu dan kotoran

Perawatan lantai kayu harian yang bisa kita lakukan yaitu membersihkan debu dari permukaan lantainya menggunakan alat sapu dan vaccum cleaner.

Agar lantai kayu tampil lebih kinclong, kita bisa lakukan dengan cara membersihkannya menggunakan produk pembersih lantai khusus untuk lantai kayu. Di usahakan untuk tidak sering melakukan pembersihan menggunakan produk pembersih lantai, karena lambat laun lantai kayu akan mengalami pelapukan, terlebih lagi jika terkena air secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

membersihkan lantai parket menggunakan bahan alami

Tidak harus selalu menggunakan produk pembersih lantai kayu saja ketika permukaan lantai kayu sudah kotor atau terkena noda membandel, kita juga bisa menggunakan bahan alami seperti air perasan lemon dan minyak zaitun untuk membersihkannya.

Informasi selengkapnya: Tatacara merawat lantai kayu yang baik dan benar

Lantai kayu baik untuk kesehatan

Apakah kalian termasuk orang yang penderita alergi ? jika iya, maka solusi agar hunian tempat tinggal kita terasa nyaman dan menyehatkan yaitu menggunakan material lantai kayu solid.

lantai parket solid dapat menyehatkan para penggunannya

Terdapat pada lantai kayu merbau yang dapat membuat hunian kita masuk selangkah lebih maju dalam kategori rumah sehat, sebab lantai kayu merbau dapat mengeluarkan senyawa ION negatif pada ruangan. Yang dimana kandungan senyawa tersebut sangat baik bagi kesehatan.

Pengguanaan material kayu juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan, seperti dapat menurunkan tingkat stress, lebih rilex dan meningkatkan produktivitas.

Dapat meningkatkan nilai jual rumah

Apakah dan memiliki jiwa investasi ? Sebuah hunian tempat tinggal yang terpasang lantai kayu dapat meningkatkan nilai jual rumah tersebut dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan rumah yang berlantai keramik, vinyl, karpet atau sejenisnya.

lantai kayu dapat menaikan harga jual rumah

Hal ini di karenakan harga lantai kayu terbilang cukup mahal, dengan harganya yang relatif tinggi itu maka tak heran jika rumah yang terapasang lantai kayu memiliki nilai jual yang mahal.

Baik itulah dia pembahasan kali ini, semoga dapat menjadikan referensi bagi Anda yang ingin memasang lantai kayu. Terimakasih

Mungkin Anda Menyukai