Mengetahui Kualitas & Karakteristik Kayu Kempas

Negara kita tercinta Indonesia ini mempunyai berbagai macam jenis kayu yang cukup eksotis dan dapat kita temui di berbagai daerah mulai dari pulau Sumatera hingga wilayah Papua. Keberagaman flora yang ada di Indonesia ini tentunya memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi aspek kehidupan manusia. Selain kayu yang dihasilkan dari pohon, bagian pepohonan seperti buahnya dan dedaunan bisa di manfaatkan sebagai obat dan dapat di konsumsi, tentunya harus disertai pengetahuan karena tidak semua buah dan daun dapat di konsumsi.

Terdapat salah satu jenis kayu yang terdengar cukup asing asing bagi kita yaitu kayu kempas, jenis kayu ini memang tidak terlalu populer layaknya kayu jati, kayu merbau, bengkirai dan jenis kayu lainnya. Meskipun begitu, kayu kempas sangat sayang jika di lewatkan. Mengingat, terdapat kualitas, karakteristik yang bagus dan beragam manfaat di dalamnya. Penasaran? Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:

Apa Itu Kayu Kempas?

Pohon kempas merupakan tumbuhan yang habitatnya tersebar di banyak daerah, di Indoneia sendiri tersebar luas di berbagai daerah seperti Sumatra, Bangka, Belitung, Kalimantan. Pohon kempas ini termasuk suku Caesalpiniaceae dengan nama botanis Koompassia malaccensis Maing tingginya bisa mencapai 60 meter berdiameter 60 – 100cm dan bisa lebih dari itu. Kulit batangnya halus memiliki pori-pori, berwarna abu-abu ada juga krem .memiliki akar yang menonjol ke luar menyerupai dinding yang menopang pohon. Pohon kempas ini tidak bergetah, memiliki buah yang tipis dan dikelilingi sayap.

kayu kempas berasal dari kepulauan Kalimantan

Pohon kempas berkembang biak dengan biji, dapat tumbuh di dataran rendah dibawah ketinggian 600 mdpl, kayu dari pohon kempas ini mempunyai tingkat keawetan level IV- III dan kelas ke kuatan level II-I. Tahukah kalian, bahwa kayu kempas sendiri ini tergolong cukup sulit untuk di potong dan di bentuk namun dapat di serut menggunakan mesin, terksurnya agak berbulu. Bila di amplas bisa menghasilkan permukaan yang halus tapi harus di dempul sebelum di pelintur. Arah seratnya tidak beraturan.

Pohon kempas tumbuh di tanah rawa atau di tanah yang sering tergenang air. Dapat di temukan juga tumbuh di tanah yang kering seperti di kaki bukit, di tanah liat dan tanah berpasir.

Karakteristik kayu kempas

Terdapat ciri khusus dari kayu kempas diantaranya yaitu teras kayunya mempunyai warna merah coklat, dengan tekstur kayu kempas yang lumayan kasar, serta permukaan kayu yang sedikit agak kesat dan mengkilap.

mengenal karakteristik kayu kempas khas Kalimantan

Dengan karakteristik yang cukup unik di tambah lagi dengan kualitas yang cukup mumpuni mulai dari tingkat keawetan hingga kekuatan, membuat kayu kempas layak untuk di manfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di bidang kontruksi dan furniture atau untuk kepentingan lain seperti bahan baku untuk dekorasi hunian minimalis.

Baca juga : Karakteristik kayu bengkirai

Plus minus kayu kempas

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kayu kempas ini, sama halnya dengan jenis kayu pada umumnya. Meskipun termasuk ke dalam jenis kayu kuat, tetapi tidak luput dari segi kekurangannya.

Keunggulan kayu kempas :

  • Mempunyai kualitas yang cukup tinggi
  • Dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama
  • Memiliki warna yang eksotis yakni merah coklat
  • Tingkat ketahannya tinggi, hampir setara dengan kayu jati
Kelebihan & kekurangan kayu kempas

Kekurangan kayu kempas :

  • Mudah mengalami pelapukan bila di simpan pada suhu yang lembab
  • Rawan terkena rayap, solusinya di suntik anti rayap ke dalam kayu kempas
  • Perlu di rawat dengan baik

Baca juga : Mengenal kayu ulin khas Kalimantan

Apa Manfaat Kayu Kempas?

manfaat dari kayu kempas

Kayu menjadi bahan baku utama dalam membangun suatu hunian atau di bidang kontruksi lainnya, begitu juga dengan kayu kempas yang memiliki keberagaman manfaat.

Kayu Kempas sendiri lebih sering di manfaatkan untuk memenuhi keperluan di bidang kontruksi berat, seperti pembuatan jempatan, bantalan rel kereta, pembuatan dermaga, dan digunakan sebagai elemen dekorasi rumah. Akan tetapi tidak jarang juga orang memanfaatkan jenis kayu asal Kalimantan ini untuk di jadikan sebagai bahan baku pembuatan perabotan atau furniture. seperti kursi, meja, lemari, rak hingga pintu.

jual lantai kayu kempas & decking outdoor 2021

Tahukah kalian, bahwa kayu kempas akhir-akhir ini lebih banyak di gunakan untuk mempercantik tampilan rumah lho. Terbukti dengan adanya produk lantai kayu kempas dan decking kayu kempas, yang dimana kedua produk penutup lantai tersebut untuk menutupi lapisan lantai dasar di dalam ruangan dan di luar ruangan.

Karakteristik dan kualitas yang cukup bagus yang dimiliki kayu kempas ini, mendorong kami sebagai produsen lantai parket untuk membuatnya. keindahan akan tampilan yang di hasilkan dari kempas ini sangat indah dan terkesan elegan, dapat bersaing dengan lantai parket jati atau lantai kayu merbau.

Biasanya, para konsumen menerapkan lantai kayu kempas ini untuk ruang tamu, ruang keluarga dan ruangan untuk menonton televisi. Sedangkan decking outdoor kayu kempas sering di aplikasikan sebagai lantai area taman, halaman depan hunian, samping kolam renang dan di jadikan lantai kayu outdoor tempat umum.

Baca juga : 3 jenis kayu kuat untuk dermaga

Baik, itulah dia pembahasan kita kali ini mengenai kayu kempas, mulai dari karakteristik, kualitas, plus minus hingga manfaatnya. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

Mungkin Anda Menyukai