Berikut Kelebihan & Kekurangan Genteng Beton

Kelebihan kekurangan genteng beton – Dalam membuat sebuah bangunan rumah, tentu saja genteng menjadi salah satu komponen yang tak boleh terlewatkan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena genteng memiliki peranan yang sangat penting sebagai pelindung bagi penghuni rumah dari berbagai faktor cuaca, seperti guyuran hujan, panas matahari, dan terpaan angin.

Lebih dari itu, keberadaan genteng juga pastinya dapat meningkatkan nilai keindahan pada hunian. Namun, hal tersebut tergantung pada jenis material genteng yang digunakan.

Pasalnya, setiap jenis material genteng memiliki karakteristik berbeda-beda. Ya, seperti halnya genteng beton yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Nah, buat kamu yang ingin menggunakan genteng beton, simaklah baik-baik informasi penting di bawah ini.

Apa Itu Genteng Beton?

Perlu diketahui, material genteng beton terbuat dari campuran bahan semen dan pasir yang dikombinasikan dengan pigmen berwarna.

Kemudian campuran bahan tersebut akan diolah dalam ekstrusi bertekanan tinggi, lalu dipanasi sehingga terciptalah sebuah genteng beton yang berkualitas tinggi. Meski pada awalnya belum terlalu familiar di Indonesia, namun secara perlahan genteng beton mulai diminati banyak masyarakat.

Terlebih di tahun ini, dimana permintaan genteng beton pun semakin mengalami peningkatan pada setiap bulannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena genteng beton memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis genteng lainnya lho.

Kelebihan Genteng Beton

1. Kuat dan Tahan Lama

Genteng beton sudah terbukti mampu menahan beban berat serta tidak mudah retak. Bahkan, jenis genteng yang satu ini juga memiliki tingkat efisiensi yang tinggi terhadap lingkungannya.

genteng beton Kuat dan Tahan Lama

Lebih hebatnya lagi, genteng beton tahan terhadap perubahan cuaca serta api. Menurut kabar yang beredar, usia jenis genteng beton ini mampu bertahan hingga 20 tahun lamanya.

Tak hanya sampai disitu saja, genteng beton juga memiliki kemampuan isolasi akustik dan termal yang sangat baik. Dengan menggunakan genteng beton, maka penghuni yang ada didalamnya akan terhindar dari kebisingan maupun perubahan suhu cuaca.

Saat musim kemarau tiba, maka suhu ruangan didalam rumah tidak akan terasa panas. Begitu pun sebaliknya ketika musim hujan tiba yang mana suhu didalam rumah tidak terasa dingin.

Itu sebabnya, mengapa akhir-akhir ini banyak masyarakat kita yang tertarik menggunakan genteng beton sebagai atap rumahnya.

Baca Juga: Review Jenis-Jenis Plafon Rumah Beserta Spesifikasinya

2. Menyediakan Bentuk & Warna yang Bervariasi

Ada beragam varian bentuk genteng beton yang tersedia dipasaran, mulai dari yang bergelombang hingga yang datar. Dengan adanya bentuk genteng beton yang bervariasi, tentu saja bisa anda pilih sesuai selera. 

genteng beton Menyediakan Bentuk & Warna yang Bervariasi

Jika ingin mendapatkan tampilan rumah yang terkesan modis dan elegan, maka pilihlah bentuk genteng beton yang datar. Sedangkan untuk tampilan rumah yang kental dengan nuansa natural, sebaiknya kamu pilih genteng beton yang bergelombang.

Selain menyediakan bentuk yang bervariasi, ternyata genteng beton juga menghadirkan berbagai pilihan warna. Adapun mengenai varian warna genteng beton yang tersedia, mulai dari hijau, cokelat, biru, biru muda, merah, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu bisa memilihnya sesuai dengan konsep rumah.

3. Memiliki Bentuk yang Tak Mudah Berubah

Pada dasarnya, proses pembuatan genteng beton ini tidak melalui tahap pembakaran sehingga bentuknya tidak mudah berubah dan lebih presisi. Tak seperti genteng berbahan tanah liat yang pembuatannya melalui proses pembakaran, sehingga bentuknya terkadang berubah dari satu genteng ke genteng lainnya. 

genteng beton Memiliki Bentuk yang Tak Mudah Berubah

Dikarenakan genteng beton memiliki bentuk yang tidak mudah berubah, pastinya hal itu dapat memudahkan proses pemasangan. Bahkan, pengisian nat-nya pun akan lebih repat sehingga dapat meminimalisir risiko kebocoran.

Artikel Menarik Lainnya: Deretan Jenis Kayu Kaso Terbaik Untuk Hunian

4. Bisa Memantulkan Panas & Anti Karat

Jika genteng berbahan tanah liat memiliki sifat yang menyerap suhu panas, maka genteng beton dapat memantulkan suhu panas. Dengan begitu, suhu ruangan di dalam rumah pun akan tetap terasa sejuk meski terkena paparan sinar matahari.

genteng beton bisa Memantulkan Panas & Anti Karat

Keunggulan berikutnya dari genteng beton yang harus kamu ketahui, yakni anti karat. Hal tersebut dikarenakan materialnya yang terbuat dari campuran bahan semen dan pasir dengan perpaduan pigmen warna, sehingga membuatnya tidak mudah berkarat. 

Berbeda dengan jenis genteng metal yang rentan terhadap karat, akibat adanya perubahan cuaca. Dengan sifat genteng beton yang anti karat, tentu saja anda tidak perlu mencemaskan lagi soal perawatannya

5. Dapat Dicat Ulang Lagi

Walaupun kekuatannya mampu bertahan hingga 20 tahun, namun hal itu bukan berarti bahwa warna gentengnya tidak akan memudar. Pada umumnya, pemudaran warna genteng beton ini kerap terjadi sekitar 3 – 5 tahun penggunaan.

genteng beton Dapat Dicat Ulang Lagi
foto@Diadona.id

Disaat warnanya sudah mulai memudar, tentu saja tampilan rumah anda menjadi terlihat kusam dan seolah-olah seperti tidak terawat.

Kabar baiknya, genteng beton bisa dicat ulang lagi dengan menggunakan cat khusus genteng. Dengan begitu, maka tampilan warna gentengnya akan seperti baru lagi. Jika memang terdapat retak berukuran kecil, kamu bisa langsung memperbaikinya dengan menggunakan pelapis khusus.

6. Harga yang Lebih Murah Dari Genteng Keramik

Dinilai dari kualitasnya, mungkin genteng keramik tidak kalah berkualitas dengan genteng beton. Bahkan, kualitas genteng keramik ini hampir setara dengan genteng beton.

Harga genteng beton yang Lebih Murah Dari Genteng Keramik

Tapi jika dilihat dari segi harga, ternyata harga genteng beton ini jauh lebih murah dibanding genteng keramik. Dengan kata lain, genteng beton menawarkan harga murah dengan kualitas yang sangat mumpuni.

Meski warna genteng beton berbeda-beda, namun anda bisa membelinya dengan harga yang sama. Ya, perbedaan harga genteng beton itu hanya dinilai dari kualitas produksinya saja.   

Baca Juga: Inilah 6 Jenis Lantai Pengganti Keramik, Murah & Mudah Dipasangkan

Kekurangan Genteng Beton

Dari berbagai keunggulannya, ternyata jenis genteng yang satu ini memiliki beberapa kekurangan. Dengan mengetahui kekurangannya, tentu saja bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membeli genteng beton. Adapun mengenai beberapa kekurangannya seperti berikut:

1. Bobot yang Cukup Berat

Kekurangan pertama dari genteng beton, yaitu memiliki bobot yang cukup berat. Bagaimana tidak, sebab bobot gentong beton ini mencapai 60 kg per meter perseginya. Padahal, bobot paling berat pada jenis genteng lainnya hanya mencapai 45 kg per meter persegi saja.

2. Proses Pemasangan yang Cukup sulit

Mengingat bobotnya yang mencapai 60 kg, tentu saja pemasangan genteng beton harus dilakukan secara hati-hati dan membutuhkan banyak orang. Selain bobotnya yang berat, kekurangan lain pada genteng beton juga terdapat tingkat warnanya yang kurang cerah. 

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan genteng beton. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan genteng beton?

Mungkin Anda Menyukai