Tips merawat lantai kayu dan cara membersihkannya

Penggunaan lantai kayu sebagai penutup lantai di dalam rumah kini perkembangannya semakin meningkat dari tahun ke tahun, bagaimana tidak populer, warnanya yang khas menjadikannya sebagai produk lantai yang banyak diminati dan cocok untuk di aplikasikan terhadap desain rumah yang beragam seperti kontemporer, minimalis hingga klasik.

Rumah yang terpasang lantai kayu dapat memberikan kesan yang natural secara struktural dan lantai kayu juga dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih mewah dan indah dengan didukung nilai seni tinggi yang berkesan alami.

lantai parket

apakah Anda salah satu termasuk orang yang menggunakan lantai kayu? jika iya, maka tahukah Anda bahwasanya lantai kayu memerlukan sebuah perawatan agar tahan lama dan tetap bersih.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips merawat lantai kayu beserta cara membersihkan lantai kayu dari debu dan kotoran yang membandel.

Cara merawat lantai kayu

Sudah seharunya lantai yang kita gunakan di dalam rumah itu di rawat dengan baik dan benar, baik itu lantai kayu, lantai keramik maupun lantai granit agar terciptanya suasana rumah yang menyenangkan dan nyaman ketika di gunakan serta dapat memberikan efek positif bagi kesehatan Anda beserta keluarga tercinta.

Nah, karena topik pembahasan ini tentang lantai kayu. maka, kami akan memberikan beberapa tips merawat lantai kayu yang bisa Anda lakukan di rumah. Berikut inilah dia ulasannya:

Rutin untuk membersihkan lantai kayu

Sama halnya dengan lantai pada umumnya, lantai kayu juga harus di bersihkan secara rutin guna terhindar dari debu yang menempel di sela-sela permukaan lantai kayu.

Anda bisa melakukannya dirumah dengan menggunakan alat sapu, cara ini memang harus dilakukan setiap hari.

Anda juga bisa membersihkan lantai kayu setiap minggu menggunakan alat Vacuum cleaner agar debu yang menempel di permukaan benar-benar bersih dan tersedot oleh alat tersebut, menggunakan alat ini bisa membersihkan lantai kayu dari debu hingga ke bagian sudut ruangan yang berada di dalam rumah.

Selalu cek kondisi lantai kayu

Anda juga harus rutin mencek lantai kayu setidaknya setiap 1 bulan sekali, cek lantai kayu itu sangat lah penting karena kita bisa mengetahui kondisi lantai parket, apakah mengalami goresan, pelapukan atau kerusakan.

Hindari kelembaban pada lantai kayu

hindari kelembaban lantai kayu

Walaupun pada dasarnya lantai kayu memiliki kualitas yang cukup baik, akan tetapi jika terkena air secara berlebihan apalagi jika terendam air selama jangka waktu yang cukup lama, ada baiknya langsung melakukan tindakan preventif.

Air yang meresap ke dalam lantai kayu berpotensi menjadikannya pelapukan atau mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, mengepel lantai kayu memang tidak dianjurkan. akan tetapi, jika memang lantai kayu memerlukan pembersihan dengan cara di pel, sebaiknya air yang digunakan jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering untuk mengepel lantai kayu.

Suhu ruangan yang lembab juga menjadi hal yang harus dihindari, karena suhu yang lembab lambat laun akan membuat lantai kayu berpotensi mengalami pelapukan dan kerusakan.

Baca juga: Manfaat lantai kayu

Segera keringkan lantai kayu jika tertumpah air

lantai kayu kena air

Aktivitas di dalam rumah memang cukup bervariasi, pada saat Anda melakukan kegiatan makan dan minum pastikan bahwa makanan yang Anda makan tidak terjatuh ke bawah lantai kayu, karena dapat meninggalkan noda yang membekas. Apalagi jika tertumpah dengan air, maka Anda harus melakukan tindakan yang cepat agar segera mengkeringkan air yang tertumpah tadi.

Gunakanlah tissue atau lap kering untuk membersihkan air yang tertumpah ke bawah lantai kayu.

Jika air yang tertumpah ke bawah lantai di diamkan akan menimbulkan pelapukan dan kerusakan seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Jangan menggeser furniture

jangan menggeser furniture

Agar lantai parket terjaga akan kualitasnya senantiasa agar kita berhati hati ketika memindahkan suatu barang dari tempat ke tampat lain, hal tersebut bertujuan agar lantai kayu terhindar dari goresan furniture yang Anda pindahkan.

Solusi agar barang atau furniture tidak menggores lantai kayu yaitu dengan cara mengangkatnya ketika memindahkan, bukan dengan cara digeser yang akan menyebabkan goresan pada lantai.

Agar lebih aman, gunakanlah alas atau pelindung di bawah kaki-kaki furniture agar lantai kayu benar-benar terhindar dari goresan.

Pembaharuan lantai kayu/Coating ulang

pembaharuan ulang lantai kayu

Lantai kayu jika di sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama maka lambat laun permukaannya akan terlihat kusam dan terlihat memudar. Maka solusinya yaitu, melakukan coating ulang terhadap lantai kayu.

Fungsi pembaharuan ini untuk mengganti warna permukaan lantai yang sudah terlihat kusam diganti dengan warna yang baru, menggunakan mesin khusus yang berfungsi menghilangkan lapisan luar.

Sehingga lantai kayu akan jadi terlihat baru kembali.

Cara membersihkan lantai kayu

Seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian poin nomer 1 yaitu lantai kayu harus di bersihkan secara rutin setiap harinya agar terhindar dari debu yang menempel di sela-sela parket. Selain membersihkan flooring parket setiap hari, Anda juga bisa membersihkan lantai kayu menggunakan bahan alami dan produk pembersih lantai kayu seperti di bawah ini:

Bahan alami untuk membersihkan lantai kayu

bahan alami untuk lantai kayu

Membersihkan lantai kayu dengan menggunakan bahan alami terbukti mampu membersihkan debu dan kotoran yang membandel dan bahan alami ini sangat baik untuk menjaga kualitas lantai kayu karena tidak terdapat bahan kimia yang akan menimbulkan kerusakan.

Hasil yang di peroleh dalam membersihkan lantai kayu menggunakan bahan alami ini cukup memuaskan, karena selain untuk membersihkan debu dan kotoran, bahan alami juga dapat membuat lantai parket terlihat bersih dan kinclong.

Bahan alami untuk membersihkan lantai kayu yaitu:

  • cuka

Cuka terbukti mampu membebaskan noda yang membandel dan mengangkat debu yang menempel di lantai kayu. Caranya yaitu, kombinasikan air biasa dengan cuka, perbandingannya secangkir air cuka untuk setengah ember air biasa, kombinasikan kedua bahan tersebut untuk diaplikasikan terhadap lantai kayu yang terkena noda atau debu. Tidak dianjurkan untuk memakai cuka secara berlebih karena dapat membuat lantai kayu mengalami kerusakan.

  • Baking soda

Untuk membersihkan lantai kayu yang terkena minyak, maka bahan ini bisa dijadikan sebagai solusinya. caranya yaitu, dengan cara menaburi baking soda ke lantai kayu yang terkena tumpahan minya lalu bersihkan menggunakan lap kering.

  • Teh

Bahan alami ini terbilang cukup simple dan pastinya Anda memiliki bahan ini di rumah bukan? cara membersihkan lantai kayu menggunakan teh yaitu, buatlah teh panas lalu diamkan hingga dingin dengan sendirinya, lalu celupkan kain kering kedalam air tes tersebut dan aplikasikan terhadap debu dan noda yang membandel. Simple bukan?

  • Air perasan lemon dan minyak zaitun

Selain untuk perawatan tubuh dan kebutuhan untuk memasak, bahan alami ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku membersihkan lantai kayu dari debu dan kotoran. Caranya yaitu, siapkan baskom kosong dan air hangat sebanyak dua liter, lalu masukan air perasan lemon dan minyak zaitun beserta air hangat ke dalam baskom.

Lalu, aduk-aduk bila larutan minyak zaitun dan air perasan lemon belum merata. Setelah itu, lakukan percobaan awal pada satu area terlebih dahulu untuk memastikan Anda puas dengan cara kerja larutan bahan alami tersebut.

Tidak ingin ribet? karena harus menggunakan bahan alami, selanjutnya ada cara lain yang bisa anda lakukan di rumah yaitu dengan cara membersihkan lantai kayu menggunakan produk pembersih lantai parket.

Produk pembersih lantai kayu

produk pembersih lantai kayu

Perawatan terhadap lantai kayu agar terlihat kinclong dan bersih, Anda bisa menggunakan suatu bahan pembersih lantai yang di jual di beberapa toko terdekat.

Produk pembersih ini sudah di peruntukan lantai kayu sehingga penggunaannya sangat aman dan tidak akan mengalami kerusakan. Untuk antisipasi terhindar dari pelapukan dan kerusakan, diusahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan produk pembersih lantai.

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini tentang tatacara merawat lantai kayu dan cara membersihkannya, semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan terhadap lantai kayu di rumah. Terimakasih

Ingin memasang lantai kayu? Kunjungi website kami untuk melihat-lihat produk lantai kayu berkualitas

Mungkin Anda Menyukai