Mengulas Perbandingan Lantai Kayu Solid Dengan Laminate

Lantai merupakan material yang wajib di hadirkan di dalam sebuah hunian, berbagai jenis lantai dapat kita aplikasikan. Dapat kita sesuaikan dengan desain rumah atau menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Saat ini jenis lantai yang sering di pakai oleh berbagai kalangan yaitu lantai laminasi dan lantai kayu solid, terlebih lagi jenis penutup lantai parket solid yang penggunaanya kian meningkat dari tahun ke tahun.

Apa sih perbedaan lantai kayu solid dengan lantai laminasi? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perbandingan dari kedua jenis material lantai laminated & lantai kayu solid. Simak baik-baik ulasannnya di bawah ini:

Lantai Kayu Solid

Lantai kayu atau orang-orang menyebutnya dengan istilah parket solid ini merupakan sebuah produk yang berperan sebagai media penutup lantai pada sebuah ruangan di dalam hunian, yang dimana parket ini terbuat dari kayu utuh tanpa adanya bahan campuran lain di dalamnya.

lantai kayu atau keramik?

Jenis kayu yang di gunakan untuk membuat lantai kayu yang bagus ini harus memiliki kualitas yang tinggi dengan karakteristik yang mumpuni, jadi tidak sembarang jenis kayu dapat di manfaatkan untuk di olah menjadi produk parket.

Kayu jati dan kayu merbau menjadi jenis kayu andalan karena mempunyai karakteristik dan kualitas yang bagus, kayu-kayu tersebut di olah menjadi lantai kayu solid dan di bentuk sedemikian rupa hingga menyerupai lempengan atau persegi, lalu di proses lebih lanjut hingga mendapatkan kadar MC ( Moisture Conten ).

Kelebihan lantai parket solid yang tidak dimiliki lantai laminated

  • Memiliki sifat yang empuk, sifat empuk yang dimiliki lantai kayu ini mampu meminimalisir terjadinya cedera bila terjatuh ke bawah lantai.
  • Berkesan hangat, kesan hangat yang dihasilkan lantai parket membuat ruangan terasa nyaman dan aman untuk kesehatan kaki karena tidak akan menimbulkan resiko penyakit rematik.
  • Dapat menyehatkan para penggunannya, tahukah Anda bahwasanya lantai kayu dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan karena mampu mengeluarkan senyawa ION negatif di dalam ruangan.
  • Dapat mengubah tampilan suatu ruangan menjadi lebih indah dan mewah karena lantai kayu terbuat dari bahan yang murni sehingga menciptakan nuansa yang alami.
  • Mempunyai warna & corak yang unik

Hanya saja, lantai kayu solid memerlukan perawatan yang intens serta harus di bersihkan secara teratur. Hal ini di lakukan guna menjaga kualitas lantai kayu itu sendiri agar warna permukaannya tetap bersih dan terlihat kinclong.

Hindari lantai kayu solid dari paparan sinar matahari secara langsung karena dapat mengakibatkan lantai parket kusam, meskipun pada dasarnya lantai kayu itu memiliki tingkat ketahanan dan keawetan yang cukup bagus, akan tetapi bila terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama maka akan cepat rusak.

Baca juga : Alternatif lantai indoor selain keramik

Lantai Laminasi

Lantai laminate atau lantai laminasi ini merupakan sebuah produk penutup lantai ruangan di dalam hunian, yang dimana jenis penutup lantai laminasi terbuat dari serbuk kayu yang di campur dengan bahan-bahan kimia lainnya. Di proses menggunakan mesin berteknologi tinggi bernama HDF ( High Density Fiberboard ) yang kemudian di bentuk sedemikian rupa hingga berbentuk menyerupai papan lembaran.

Pilih lantai laminasi atau lantai parket

Motif kayu yang di cetak pada lantai laminasi menggunakan mesin berteknologi canggih, agar hasil tekstur dan coraknya menyerupai lantai kayu. Motif yang dimiliki lantai laminate bervariasi, mulai dari motif kayu Europa, motif kayu Amerika dan motif kayu Indonesia.

Baca juga : Perbandingan lantai keramik & lantai kayu solid

Kelebihan lantai laminated yang tidak dimiliki lantai kayu solid

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki lantai laminasi, yang dimana kelebihan ini tidak di miliki oleh jenis pelapis lantai kayu solid. Penasaran? Simak uraiannya di bawah ini:

  • Harganya relatif murah, alternatif pilihan selain lantai kayu solid yaitu lantai laminasi karena di jual dengan harga yang terbilang cukup murah sehingga dapat terjangkau oleh berbagai kalangan.
  • Mudah di terapkan, lantai laminasi di beri sistem pengunci pada bagian sampingnya sehingga akan memudahkan proses pemasangan.
  • Tidak terlalu sulit di bersihkan, tidak seperti lantai kayu yang cukup sulit untuk di rawat karena sensitif terhadap endapan air, berbeda dengan lantai laminasi yang cukup mudah di rawat.
  • Dapat di terapkan di area dapur, lantai laminasi dapat kita terapkan di sekitar area dapur karena sifatnya cukup tahan terhadap air, akan tetapi tidak bisa di aplikasikan ke area kamar mandi.
  • Stocknya banyak, biasanya lantai laminasi di produksi dengan jumlah yang cukup banyak karena bahan pembuatannya dari serbuk kayu dan bahan kimia.

Lantai Kayu Solid Atau Laminated, Mana Yang lebih Baik?

Perbandingan lantai laminasi & lantai parket di bedakan dari segi bahan pembuatan dan juga ukuran, bentuk hingga cara penerapannya. Baik itu laminate maupun lantai kayu solid, keduanya memiliki plus minusnya masing-masing. Tinggal kita sendiri yang menentukan dan sesuai kebutuhan.

memilih lantai parket atau laminasi?

Bila menginginkan hunian yang memiliki nuansa alami dan terlihat elegan, maka solusinya menggunakan lantai kayu solid. Keputusan yang tepat mengingat lantai kayu solid sendiri dapat menyehatkan dan sangat nyaman pada saat di gunakan.

Akan tetapi, kita bisa menggunakan lantai laminated yang notabennya mudah di rawat dan terkesan simple dengan harga yang murah bila di bandingkan dengan harga lantai kayu solid. Meski begitu. keawetannya tidak kalah saing dengan lantai parket.

Informasi selengkapnya tentang : Harga lantai kayu solid 2021

Baik itulah dia pembahasan kita kali ini, semoga uraian di atas dapat bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir

Selamat menikmati hunian yang indah & mewah dengan menggunakan material lantai yang tepat

Mungkin Anda Menyukai