Menilai Perbandingan Lantai Parket & Vinyl

Di saat kita hendak membangun sebuah hunian rumah atau mendekorasi sebagian besar ruangan yang berada di dalam rumah memang sangat penting untuk membuat perencanaan sebaik mungkin, termasuk ketika memilih pelapis lantai yang akan kita gunakan. Tentunya kita harus bisa menyesuaikan dengan berbagai unsur bangunan atau desain rumah.

Memilih sebuah material pelapis lantai yang akan kita aplikasikan di dalam rumah merupakan bukan perkara yang cukup mudah, pasalnya kita di tuntut untuk dapat membuat flooring tersebut bisa menyesuaikan dengan konsep atau tema yang kita hadirkan di dalam rumah.

Solusi mempercantik rumah tanpa lantai keramik

Banyak sekali berbagai macam jenis flooring yang dapat kita gunakan untuk menunjang kebutuhan yang kita perlukan untuk mendekorasi atau membangun sebuah hunian, salah satunya yaitu Lantai vinyl dan lantai kayu.

Kedua jenis lantai ini mempunyai plus minus nya tersendiri, dan terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Penasaran? langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:

Lantai Vinyl

Pernah mendengar produk penutup lantai yang bernama vinyl atau yang lebih di kenal dengan sebutan lantai sintetis ini? jenis lantai yang satu ini terbilang cukup populer dan termasuk ke dalam golongan material lantai yang laris di pasaran. Penutup lantai ini juga merupakan pengganti lantai keramik setelah lantai kayu.

lantai vinyl motif kayu

Lantai vinyl merupakan pelapis lantai yang tidak kalah populernya dengan lantai laminasi dan parket, jenis lantai yang satu ini terbuat dari bahan kimia sejenis plastik yang bernama PVC ( Poli Vinyl Chloride ). yang dimana bahan tersebut cukup elastis sehingga lantai pvc ini mudah di pasangkan bahkan termasuk ke jajaran lantai tempel.

Baca juga : 3 jenis lantai tempel

Perlu di ketahui, bahwasanya lantai vinyl atau sering juga di sebut lantai pvc ini selain mempunyai berbagai motif yang bervariasi akan tetapi memiliki juga tipe atau jenis-jenis tertentu. Contohnya seperti:

  • Vinyl plank
  • Vinyl tile
  • Vinyl roll
  • Vinyl clik

Plus minus lantai vinyl

Bukan produk namanya jika tidak memiliki kelebihan dan kekurangan, lantai vinyl pun mempunyai beberapa keunggulan yang salah satunya sangat jarang di miliki jenis lantai pada umumnya dan terdapat pula segi kekurangannya.

Keunggulan lantai vinyl :

  • Mempunyai beragam motif
  • Mudah di pasangkan
  • Cukup tahan terhadap air
  • Dapat di bongkar pasang
  • Memiliki harga jual yang murah

Kelemahan lantai vinyl :

  • Rentan terkena goresan
  • Mudah rusak
  • Kurang nyaman di gunakan
  • Kurang baik bagi kesehatan karena terdapat kandungan VOC ( Volatile Organic Compounds )

Nah selanjutnya yang menjadi rival dari lantai vinyl yaitu lantai kayu

Lantai Kayu

Sebagian besar dari kalian pastinya sudah mengetahui material lantai yang satu ini, pasalnya lantai kayu cukup populer. Terlebih lagi orang yang berkecimpung di dunia dekorasi pasti tau akan jenis lantai yang sering di sapa lantai parket ini.

lantai kayu solid

Lantai kayu atau parket ini merupakan salah satu produk pelapis lantai yang dimana terbuat dari kayu utuh alami tanpa adanya bahan campuran lain di dalamnya, jenis kayu yang di gunakan untuk pembuatan parket ini di pilih berdasarkan kualitas dan karakteristik yang cukup unik.

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat menguntungkan bagi para pengguna diantarannya mampu memberikan dampak yang positif bagi kesehatan, berkesan natural.

Bac juga : 5 jenis lantai terbaik untuk hunian minimalis

Kelebihan & Kekurangan lantai kayu

Sama halnya dengan jenis lantai pada umunya, lantai kayu pun memiliki segi kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Hanya saja lantai kayu memiliki kelebihan yang sangat banyak ketimbang jenis lantai kebanyakan, penasaran? simak ulasannya di bawah ini:

Keunggulan lantai parket :

  • Mempunyai kualitas yang bagus
  • Kuat dan tahan lama
  • Mampu bertahan dari serangan rayap
  • Dapat menyehatkan
  • Dapat menaikan harga jual rumah
  • Memiliki nilai estetika yang tinggi

Kelemahan lantai parket :

Baca juga : Perbandingan lantai kayu & keramik

Mana Yang Lebih Baik, Lantai Kayu Atau Vinyl?

Bila menilai perbandingan dari kedua jenis penutup lantai hunian di atas, keduanya mempunyai plus minus nya tersendiri. Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari segi karakteristik dan harganya. Simak uraiannya di bawah ini:

Menilai perbandingan lantai vinyl & parket

Menurut kami, jenis lantai terbaik untuk di terapkan ke dalam rumah yaitu lantai kayu karena memiliki kualitas yang cukup bagus dari segi kekerasan, ketahanan & keawetannya. Serta yang tidak kalah menarik dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan mewah dengan adanya nuansa yang alami.

Akan tetapi bila kalian ingin menggunakan material lantai yang mudah di pasangkan dengan harga yang terjangkau, kita bisa memakai lantai vinyl sebagai pelapis lantainya. Selain itu, terdapat pula beragam motif yang dapat menyesuaikan dengan konsep ruangan dan selera kita.

Baiklah Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini tentang perbandingan lantai vinyl dengan lantai kayu, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas

Mungkin Anda Menyukai