Mengenal Karakteristik Kayu Jati Perhutani

Kayu menjadi salah satu bahan baku yang cukup penting di gunakan dalam membangun suatu hunian, tetapi selain hunian kayu juga sering di manfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan lain di bidang kontruksi, furniture dan kerajinan.

Salah satu jenis kayu yang tidak jarang di pakai oleh orang-orang untuk kepentingan berbagai hal yakni kayu jati. Mendengar kayu jati tentunya sudah tidak asing kembali, pasalnya jenis kayu ini sangat terkenal dari dulu hingga sekarang berkat kualitas & karakteristiknya. Alhasil kayu jati menjadi bahan baku primadona bagi setiap kalangan, sehingga harganya pun seiring berjalannya waktu melambung tinggi.

Alasan mengapa kebanyakan orang menyukai dengan kayu jati? karena kayu jati bila mana dimanfaatkan untuk kebutuhan interior dan eksterior hunian akah terlihat elegan dan bernilai seni tinggi dengan di dukung sentuhan yang alami. Seperti dijadikan lantai kayu, papan tangga kayu, hingga lemari dan sekat ruang partisi.

Perlu di ketahui!

Tahukah Anda, bahwasanya kayu jati terbagi menjadi 2 golongan yakni kayu jati perhutani & kayu jati kampung, keduanya memiliki perbedaan dari segi kualitas, warna dan juga serat kayu. Yang dimana kayu jati perhutani jauh lebih unggul dari segi kualitas, kontras warna, hingga serat kayu yang padat, sedangkan kayu jati kampung dari segi kualitasnya kurang bagus dan cenderung tidak dapat bertahan lama, selain itu serat kayunya cenderung tidak beraturan dan memiliki putih cerah.

Pohon Kayu Jati Perhutani

Mungkin, hampir dari sekian banyaknya orang sudah mengetahui jenis kayu yang satu ini, sebab kayu jati ini cukup populer berkat kualitasnya yang cukup signifikan, baik dari segi ketahanan, kekerasan hingga keawetannya.

karakteristik kayu jati perhutani

Pohon kayu jati ini tumbuh baik di hutan di kawasan wilayah pulau jawa, memiliki ketinggian mencapai 40-50m dengan batang bebas cabang dapat mencapai 19-20m dan memiliki ukuran daun yang cukup besar berbentuk elips yang lebarnya bisa mencapai 30-60cm disaat sudah memasuki fase pertumbuhan dewasa.

kayu jati atau teak ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi, tempat yang terbaik untuk pertumbuhan kayu jati yaitu tempat yang disekitar habitatnya tidak di genangi oleh air atau banjir.

Pertumbuhan jenis kayu yang satu ini terbilang cukup lambat, setidaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melihat kayu jati tumbuh hingga besar dan layak digunakan.

Baca juga : Mengenal kayu bengkirai

Karakteristik, ciri-ciri & tekstur kayu jati

Kayu jati sendiri merupakan jenis kayu yang termasuk kedalam golongan kayu keras, kayu ini memiliki tingkat kekuatan kelas II dan tingkat keawetan kelas I – II.

Ciri-ciri kayu jati perhutani

Warna teras yang dimiliki kayu jati yaitu berwarna coklat muda, coklat tua hingga coklat kelabu dan memiliki kayu gubal pada bagian luarnya memiliki warna putih dan kelabu kekuningan.

Keindahan warna dan kehalusan tekstur yang dimiliki kayu jati menjadikanya jenis kayu ini sangat mewah, meskipun kuat dan awet tetapi mudah di olah dan dikerjakan.

Oleh karena itu, jenis kayu jati ini menjadi pilihan utama untuk penggunaan sebagai bahan baku kontruksi, furniture dan keperluan lainnya.

Baca juga : Mengenal kayu ulin khas Kalimantan

Plus minus kayu jati perhutani

Meskipun kayu jati perhutani sekilas terlihat baik-baik saja, akan tetapi terdapat pula segi kekurangannya. Walaupun kelemahannya ini tidak banyak, akan tetapi perlu untuk di ketahui.

Kelebihan kayu jati :

  • Teskturnya cukup halus
  • Serat kayu alami yang padat
  • Kualitasnya sangat tinggi
  • Tingkat ketahanan dan keawetannya cukup bagus
  • Tidak mudah melinting atau melengkung
  • Mudah di olah
  • Terdapat minyak pelumas anti rayap
olahan kayu jati perhutani

Kekurangan kayu jati :

  • Kayu jati bisa terpecah menjadi 3 kelompok, yang dimana setiap kelompoknya di kenal dengan sebutan Grade, contohnya seperti kayu jati grade A, B dan C. Setiap gradenya memiliki kualitas yang berbeda-beda, kayu jati grade A mempunyai kualitas yang paling bagus.
  • Walaupun kuat tetapi cukup sensitif terhadap air, terlebih lagi jika terkena endapan air dalam jangka waktu yang lama, maka lambat laun kayu jati tersebut akan cepat rusak.
  • Harganya relatif mahal

Manfaat Dari Kayu Jati

Semakin terkenalnya kayu jati, membuat permintaan jenis kayu ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penggunaanya pun sangat beragam mulai dari kebutuhan industri hingga komersil, dari sini kita bisa mengasumsikan bahwa kayu jati sangat berpengaruh bagi segi kehidupan manusia.

Baca juga : Mengenal karakteristik kayu merbau Papua

Kayu jati digunakan untuk keperluan konstruksi

Tahukah Anda, bahwa kayu jati ini pernah di gunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal milik VOC kala itu, yang dimana kapal tersebut mampu berlayar di perairan samudra pada abab ke 17. Semenjak saat itu, kayu jati ini pun mulai berkembang pemanfaatannya.

manfaat kayu jati di bidang kontruksi

Selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal, tetapi pemanfaatan jenis kayu ini pun kian berkembang untuk pembuatan kontruksi jembatan, bantalan rel kereta api, Pembuatan tiang, dinding, anak tangga hingga lantai parket.

Baca juga : Lantai kayu jati untuk lapangan badminton

Manfaat kayu jati untuk bahan baku furniture

Kayu jati selain di manfaat untuk memenuhi kebutuhan di bidang kontruski, tetapi tidak jarang juga kayu jati di gunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture rumah tangga. Contohnya seperti:

  • Kursi & meja
  • Jendela, kusen dan pintu
  • Rak peyimpanan atau lemari
kayu jati bermanfaat untuk di jadikan bahan baku furniture

Para produsen kayu atau pengrajin yang berkimpung di dunia furniture mulai melirik jenis kayu ini sebab memiliki warna yang sangat ciri khas yaitu coklat muda dan coklat tua, tidak hanya dari warna saja tetapi dari segi kualitas pun kayu jati sudah memenuhi standar untuk dijadikan pembuatan barang perabotan hunian atau furniture.

Baca juga : Lapangan basket indoor menggunakan lantai kayu jati

Bagi Anda yang penasaran dengan informasi harga lantai kayu jati bisa mengunjungi halaman yang satu ini : Daftar Harga Lantai Kayu Jati

Cukup sekian untuk pembahasan kita kali ini, semoga uraian di atas mengenai kayu jati perhutani dapat bermanfaat dengan baik untuk Anda, terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

Mungkin Anda Menyukai