6 Jenis Material Lantai Yang Sering Digunakan

Lantai merupakan elemen yang sangat penting dan wajib ada kehadirannya didalam sebuah rumah, meskipun terdapat beberapa elemen dekorasi lain yang cukup penting, akan tetapi material lantai jangan sampai terlewatkan. Selain berfungsi sebagai pijakan dan berguna untuk menunjang aktivitas kita didalam rumah, tetapi lantai juga berguna untuk mempercantik tampilan sebuah ruangan.

Saat ini terdapat beberapa jenis lantai yang tersedia dipasaran yang dapat kita pakai untuk menutupi lantai ruangan di dalam sebuah hunian, dari sekian banyaknya produk pelapis lantai hanya beberapa saja yang sering digunakan atau yang dipakai secara umum.

Bagi kalian yang masih bingun ingin memakai jenis lantai apa, tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kita kali ini akan membahas tentang jenis-jenis lantai yang sering dipakai oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini:

Rekomendasi 6 Jenis Lantai Yang Sering Dipakai

Setidaknya terdapat 7 jenis lantai yang tahun ini 2021 sering digunakan di rumah-rumah di Indonesia. Perlu diketahui, bahwa dari ketujuh jenis pelapis lantai yang akan kita bahas, terbagi menjadi 2 golongan yakni lantai buatan dan lantai alami. Kedua golongan lantai ini tentunya memiliki kelebihan & kekurangannya tersendiri.

Lalu, jenis lantai apa saja yang sering digunakan?

1. Keramik lantai

Sebagian besar diantara kalian tentunya sudah tidak asing kembali dengan jenis lantai yang satu ini, ya tentu saja karena lantai keramik sangat populer dan pemakaiannya sudah banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan keramik lantai sendiri sering kita temui di rumah- rumah yang pernah kita kunjungi sebelumnya.

lantai keramik sering digunakan untuk untuk menutupi lantai dirumah-rumah

Terdapat Beberapa alasan mengapa orang menjadikan keramik sebagai pilihan untuk dijadikan sebagai penutup lantai rumahnya adalah karena lantai keramik mempunyai beragam bentuk, pola dan teksturnya serta banyak sekali variant warnanya. Keramik ini menjadi bahan lantai yang paling banyak dipakai disebagian besar rumah di Indonesia.

Bahan dasar untuk membuat keramik ini adalah tanah liat (clay) yang dimana tanah liat tersebut diolah melalui beberapa tahapan beberapa diantaranya ialah, pertama dibakar dengan suhu tertentu dan dilapisi dengan glasur yang kemudian di bentuk, lalu di beri warna, pola dan tekstur keramik.

Kenapa lantai keramik ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia? karena harganya sangat terjangkau, mudah di rawat dan cukup awet, bahkan dapat bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Maka tak heran, jika setiap rumah yang pernah kita lihat sebelumnya hampir semua menggunakan lantai keramik baik diluar ruangan maupun didalam ruangan.

Baca juga : Material lantai yang pas untuk kamar mandi agar tidak licin

2. Lantai kayu solid

Apakah kalian mengetahui tentang lantai kayu solid? Jenis lantai yang satu ini tidak kalah populernya dengan lantai keramik. Lantai kayu atau istilah kerennya yaitu parket solid. Biasanya lantai parket solid ini sangat digemari oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang seni. Sebab lantai kayu solid mempunyai nilai estetika yang jarang bisa didapat dari jenis lantai lainnya. Selain itu, lantai kayu ini sangat nyaman jika dibandingkan dengan lantai yang berbahan dasar batu atau keramik.

harga lantai kayu solid per meter 2021

Tahukah kalian, bahwasanya saat ini penggunaan lantai kayu di rumah-rumah sudah kian banyak, bahkan setiap tahun pemakaiannya terus meningkat. Dari sini kita sudah bisa memastikan bahwa lantai kayu solid bukan penutup lantai biasa yang hanya berfungsi sebagai pijakan saja, tetapi dapat juga mengubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan mewah dengan didukung sentuhan yang alami dan bernilai seni yang cukup tinggi. Terdapat beberapa manfaat memakai lantai kayu dirumah yang akan kalian dapatkan.

Hanya saja, harga lantai kayu solid ini terbilang cukup mahal sehingga tidak mudah dijangkau oleh semua kalangan. Biasanya kalangan menengah ke atas dapat menjangkau harga dan biaya pasang dari lantai parket solid. Meskipun harganya yang relatif tinggi, akan tetapi sebanding dengan kualitas dan karakteristik yang dibekalinya.

Baca juga : Tips & trick merawat lantai kayu dirumah

3. Lantai marmer

Lantai marmer atau granit ini sering disebut juga dengan sebutan Marble, jenis penutup lantai yang satu ini merupakan salah satu jenis lantai yang cukup kokoh dan serbaguna juga. Kita tidak hanya bisa menggunakan bahan marmer ini untuk lantai saja, tetapi bisa juga digunakan untuk pelapis dinding hunian. Bahan material yang bisa multifungsi tersebut sangatlah jarang ditemukan.

pelapis lantai marmer sering dipakai pada hunian desain rumah mewah modern

Dari segi tampilan yang dihasilkan dari lantai marmer ini begitu elegan dan menawan sehingga dapat memperkuat konsep atau karakter sebuah hunian, sehingga tidak ada salahnya bila kita memasukan lantai marmer ini ke dalam bucket list. Mengingat kualitas dan tampilannya yang sudah tidak usah diragukan kembali.

Lantai marmer ini sering digunakan oleh rumah-rumah mewah modern, sama seperti halnya dengan lantai kayu. Sayangnya harga lantai marmer ini tergolong cukup tinggi, sehingga bila kita menginginkan menggunakan material lantai marmer siap-siap merogoh kocek yang besar.

Baca juga : Lantai keramik vs Parket solid

4. Lantai Kayu Laminasi

Salah satu jenis lantai yang hampir serupa dengan lantai parket solid yaitu lantai kayu laminate atau lantai laminasi. Hanya saja, perbedaannya terletak pada segi bahan dasar pembuatan, yang dimana lantai parket solid terbuat dari kayu utuh alami , sedangkan laminate terbuat dari serbuk kayu plywood yang dicampur dengan bahan resin (kimia).

parket laminate biasanya sering dipakai untuk menutupi lantai dikamar tidur

Alasan mengapa orang-orang tertarik dengan lantai parket laminated ini karena mudah dipasangkan, seperti lantai kayu tempel dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu terdapat beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki lantai kayu laminate ini yaitu memiliki motif kayu yang sangat elegan, sehingga lantai laminate ini dapat dijadikan alternatif pilihan selain lantai keramik atau lantai kayu solid

Baca juga : Perbandingan lantai kayu solid dengan parket laminated

5. Lantai vinyl (PVC)

Selain laminate parket, terdapat salah satu jenis lantai yang hampir serupa yakni lantai vinyl atau lantai sintetis. Di pasaran sendiri, produk penutup lantai ini termasuk produk lantai yang best seller sehingga sudah bisa dipastikan bahwa masyarakat Indonesia menyukai lantai vinyl ini.

lantai vinyl banyak digunakan untuk menutupi lantai di area dapur dan ruang tengah rumah

Lantai vinyl ini terbuat dari bahan PVC (Poli Vinyl Chloride) yang dimana bahan tersebut merupakan bahan kimia, sehingga lantai vinyl memiliki sifat yang elastis dan memiliki tekstur yang halus. Terdapat beberapa jenis lantai viny; yang tersedia di pasaran, diantaranya yaitu:

  • Vinyl roll
  • Vinyl Plank
  • Vinyl Click
  • Vinyl Tile

Keempat jenis lantai vinyl ini memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, tetapi sama-sama bertujuan untuk menutupi lantai. Kenapa lantai vinyl banyak disukai? karena mudah dipasangkan, perawatan yang mudah, mempunyai motif yang beragam dan harga lantai vinyl per meter tergolong cukup murah. Sehingga kita tidak perlu heran jika lantai vinyl ini sangat laku keras di pasaran.

Baca juga : Perbedaan parket solid & vinyl

6. Lantai karpet

Selanjutnya, terdapat jenis lantai yang cukup sering dipergunakan di rumah-rumah yaitu karpet lantai. Biasanya penutup lantai ini diaplikasikan pada ruangan tertutup seperti kamar tidur anak, ruang keluarga atau ruang menonton televisi.

karpet lantai sering dipergunakan untuk menutupi lantai di kamar tidur anak

Lantai karpet ini terbuat dari bahan wol, yang dimana bahan ini sangat populer dan sering digunakan untuk pembuatan karpet lantai karena sifat serat alaminya dan lembut serta awet. Selain itu, karpet yang terbuat dari wol ini mudah di bersihkan dan tidak mudah terkena noda.

Tak jarang juga, orang-orang menggunakan lantai karpet ini sebagai pelapis tambahan. Seperti contohnya, lantai keramik yang dilapisi kembali dengan lantai karpet sehingga akan sangat nyaman digunakan.

Menggunakan lantai karpet di dalam kamar tidur sangatlah rekomendasi, mengingat karpet sendiri dapat berkesan hangat dan nyaman digunakan, serta yang terpenting aman untuk anak-anak. Hanya saja karpet lantai ini mudah terbakar, sehingga perlu diperhatikan.

Baca juga : 5 jenis material terbaik untuk hunian minimalis

Jadi bagaimana, sudahkah kalian menentukan jenis lantai apa yang akan digunakan?

Memilih jenis material lantai yang akan diaplikasikan ke dalam hunian memang terbilang susah-susah gampang, disarankan memilih pelapis lantai yang dapat menyesuaikan dengan konsep hunian atau desain rumah dan pastikan juga sesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai deretan jenis lantai yang sering dipakai oleh rumah-rumah yang ada di Indonesia, semoga pembahasan di atas dapat dijadikan referensi bagi kalian dan bermanfaat untuk keperluan lainnya. terimakasih telah membaca artikel ini sampai tuntas.